Jumat, 21 November 2008

SUNGAI SERANG MELUAP, PULUHAN RUMAH TERENDAM

Sabtu, 22 November 2008 | 10:41 WIB

Laporan wartawan Kompas Yoga Putra

WATES, SABTU - Akibat hujan deras yang berlangsung selama lebih dari 12 jam, Sungai Serang yang melintasi Kecamatan Wates, Kulon Progo, DIY, meluap. Sabtu (22/11), puluhan rumah warga yang berada di sekitar bantaran sungai pun terendam setinggi lebih dari dua meter.

Menurut penuturan warga sekitar, hujan sudah turun sejak Jumat petang sekitar pukul 18.00. Hujan bertambah deras mulai pukul 22.00 dan tidak berhenti hingga keesokan pagi.

Tingginya curah hujan membuat permukaan air Sungai Serang naik hingga lebih dari lima meter. Ketinggian ini melebihi batas atas bangket yang ada di dinding sungai. Tak ayal lagi, air pun meluap ke daerah bantaran sungai.

Air baru masuk ke rumah-rumah warga sekitar pukul 04.00. Arus sungai deras sehingga air cepat sekali menjadi tinggi. Ketinggian maksimal mencapai 2,5 meter, hingga atas kusen pintu. Setelah itu, air surut pelan-pelan, kata Hariyadi, warga Dusun Graulan, Giripeni, Wates.

Hingga pukul 08.00, ketinggian air di sekitar permukiman warga masih mencapai paha orang dewasa, atau sekitar satu meter. Dikhawatirkan apabila hujan tidak berhenti, air bisa naik lagi. Untuk sementara, warga memilih tidak melakukan evakuasi dan cenderung menunggu air surut.

Sampai berita ini diturunkan belum terlihat adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Tim dari Palang Merah Indonesia sudah tiba dengan mobil ambulans dan mulai mengecek kesehatan warga.

Meluapnya aliran air Sungai Serang, diakui warga, bukan yang pertama kali ini terjadi. Pada tahun-tahun berikutnya, terlebih di puncak-puncak musim hujan, banjir terjadi lebih luas lagi hingga mencapai beberapa dusun sekaligus.

Yoga Putra sumber : kompas.com

4 komentar:

Alfian-Communication.com mengatakan...

ga judulnye mane kan para pembaca jadi ga ngerti apa bahasan yang lu buat. tetep semangat buat nyari berita yang bagus!!!!!!!

Natasya Namikaze mengatakan...

beuhh..si bicunk bener tuh..baru mo bilang.. mane die judulnye...lebih teliti lagi yee..

aLLiance strezz mengatakan...

waduh....

makanya Jangan Berenang Sembarang Ye......

hehehehe

ribet.com mengatakan...

beuuhhh...
banjir-banjir-banjir-banjir-!!!!!
(dengan nada panik sambil makan sambel...)

kayaknya elo ma riski jadi tukan banjir ajah...trus kalo ada yg kebanjiran mereka bisa pake jasa elo...
he..he..he..

bagus jangan lupa di update..?